Menyisipkan Elemen List

Pada pembahasan sebelumnya kita belajar cara mengubah elemen-elemen suatu list. Sekarang Kita akan mencoba untuk menyisipkan data atau elemen baru ke dalam list yang sudah ada. Misalnya sebuah string STTP” disisipkan sebelum elemen pertama. Dan hal ini, berarti bahwa string tersebut nantinya akan menjadi elemen pertama dari list tersebut. Format perintahnya adalah nama_list[:0]=[data_baru]. Untuk lebih jelasnya, contoh dibawah ini akan memperlihatkan hal tersebut.

Contoh menysipkan elemen list
Cuplikan layar dari 2017-02-11 22-59-31.png

Pada contoh diatas, dapat dilihat bahwa untuk menyisipkan string STTP” di awal list digunakan perintah a[:0]=[“STTP”]. Untuk menyisipkan string Teknik Komputer” pada akhir list digunakan perintah a[len(a):]=[“Teknik Komputer”]. Penyisipan elemen baru ke dalam suatu list tidak hanya terbatas pada suatu data saja, akan tetapi Kita dapat menyisipkan banyak data sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Jika di visualisasikan, proses penyisipan pada contoh diatas akan tampak seperti gambar berikut ini.

8.png

Untuk menyisipkan elemen baru pada indeks tertentu (selain indeks awal dan indeks akhir), dapat Kita lakukan dengan format nama_list[batas_awal:batas_akhir]=[data_baru]. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda eksplorasikan sendiri.

Selain menyisipkan elemen baru berupa data tunggal, Kita juga bisa menyisipkan elemen baru berupa suatu data list ke dalamnya. Jadi istilah singkatnya adalah list di dalam list. Akan tetapi penyisipan menggunakan indeks akan menyebabkan list yang anda sisipkan tersebut dianggap sebagai data tunggal. Untuk lebih jelasnya mari kita liha contoh berikut ini.

Contoh menyisipkan list ke dalam list lainnya
Cuplikan layar dari 2017-02-12 00-19-52.png

Pada contoh diatas dapat dilihat bahwa ketika list b disisipkan menjadi elemen pada list a, maka akan dianggap sebagai data tunggal, bukan sebagai kumpulan data/kumpulan elemen baru. Agar elemen-elemen pada list b dapat tidak menjadi data tunggal pada ketika disisipkan ke dalam list a, maka hal tersebut dapat dilakukan dengan  menggunakan fungsi extend() yang dimiliki oleh objek list. Untuk lebih jelasnya, hal tersebut akan Kita bahas pada pembahasan-pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s