List

List merupakan sekumpulan data yang terdapat dalam suatu variable. Jika di dalam bahasa pemograman C/C++ dan JAVA terdapat array sebagai sekumpulan data dengan tipe yang sama tesimpan dalam suatu variabel, maka dalam python terdapat list yang menggantikan array. Seperti layaknya array pada C/C++ dan JAVA yang setiap anggotanya diakses dengan indeks, maka hal tersebut juga berlaku terhadap listDimana elemen-elemen list dapat diakses meggunakan indeksnya. List ditandai dengan tanda kurung siku “[ ]”. Jadi data-data dalam suatu list diapit oleh tanda kurung tersebut.

Contoh di bawah ini memperlihatkan implementasi list pada Python.

Contoh membuat list
5.jpg

Contoh di atas memperlihatkan bagaimana membuat suatu list dengan elemen berupa data integer dari 10-90. Kemudian menampilkannya dengan menggunakan perintah print().

Anda bisa menampilkan elemen tertentu dari suatu list dengan cara mengakses indeks element tersebut. Adapun format perintahnya adalah namalist[indeks]. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat contoh dibawah ini.

Contoh mengakses elemen list
6.jpg

Indeks elemen suatu list dimulai dari sampai n-1(n adalah banyak data dalam list). Sehingga pada contoh di atas, untuk mengakes elemen pertama dari list digunakan perintah print(a[0]), begitu juga untuk data kedua digunakan perintah print(a[1])  dan begitu seterusnya.

Pada contoh di atas kita sudah mempelajari bagaimana mengakses satu elemen tertentu pada suatu list. Sekarang bagaimana jika Kita ingin menampilkan tiga elemen pertama atau tiga elemen terakhir, ataupun elemen-elemen dengan rentang indkes tertentu?. Untuk melakukan hal tersebut dapat digunakan perinah nama_list[:3] untuk menampilkan 3 data pertama dan nama_list[n-3] untuk menampilkan 3 data terakhir. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut:

Contoh mengakses elemen list
3.png

Untuk mengakses elemen yang berada di antara rentang indeks tertentu, perintahnya adalah nama_list[indekswal:indeksakhir ]. Contoh di bawah ini akan memperlihatkan bagaimana mengakses elemen-elemen yang terletak antara elemen ke-4 dan elemen ke 7.

Contoh pengaksesan elemen list pada rentang indeks tertentu
4.png

Selain dengan cara di atas, untuk mengakses elemen suatu list dapat pula digunakan indeks negatif. Hal ini merupakan kebalikan dari cara sebelumnya, dimana digunakan indeks positif untuk mengakses elemen-elemen suatu list. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut ini.

Contoh mengakses elemen list menggunakan indeks negatif
5.png

Pada contoh diatas dapat dilihat bagaimana elemen-elemen suatu list diakses menggunakan indeks negatif. Indeks negatif untuk elemen -n(dimana merupakan jumlah elemen dari suatu list) dan untuk elemen terakhir indeksnya adalah -1. Untuk lebih jelasnya, tabel dibawah ini akan memperlihatkan indeks positif dan indeks negatif dari contoh sebelumnya.

Tabel Indeks list

List 10 20 30 40 50 60 70 80 90
Indeks Positif 10 20 30 40 50 60 70 80 90
Indeks Negatif -9 -8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s