Pemograman Grafis Menggunakan Turtle

Suatu hal yang paling menyenangkan ketika belajar pemograman yaitu ketika sudah mulai menyentuh hal-hal yang berbau grafis. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas salah satu modul pada Python yang bisa digunakan untuk membuat grafik. Modul tersebut adalah turtle. Modul ini bukanlah modul murni untuk pembuatan grafik, akan tetapi lebih identik dengan pemograman logo.

Seperti halnya turtle (kura-kura) di dalam dunia nyata yang bergerak maju dengan lamban, turtle dalam Python memiliki kemiripan. turtle merupakan panah kecil yang berwarna hitam yang bergerak lamban di atas kanvas. Untuk menggunakan turtle, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengimpor modul turtle. Setelah itu barulah Anda bisa menggunakan fungsi-fungsi yang ada di dalam modul turtle tersebut.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh di bawah ini:

Contoh memanggil modul turtle
15.jpg

Perintah d=turtle pada contoh di atas merupakan perintah menugaskan objek turtle kepada variabel a. Dan a.pen() berfungsi untuk memanggil kanvas yang akan digunakan untuk membuat grafis.

16.jpg
Gambar di atas merupakan kanvas yang di panggil oleh fungsi d.pen. Tanda panah pada kanvas merupakan bagian yang akan bergerak untuk membentuk suatu garis atau grafik. Seperti halnya kura-kura, tanda panah tersebut hanya bergerak ke depan, ke belakang, ke kiri dan ke kanan. Pergereakan ke arah kiri atau ke kanan pada turtle mengikuti arah jarum jam.

Untuk lebih jelasnya, contoh berikut ini akan memperlihatkan pergerakan tanda panah tersebut sejauh 90 pixel.

Contoh Menggerakan turtle sejauh 90 pixel.
17.jpg

d.forward(90) merupakan perintah untuk menggerakkan tanda panah ke depan sejauh 90 pixel. Hasil dari perintah di atas dapat dilihat pada gambar di bawah ini.18
Panah bergerak sejauh 90 pixel

Selain bergerak maju, turtle juga bisa digerakkan mundur menggunakan fungsi backward(). Untuk mengubah arah panah pada kanvas, digunakan fungsi left() dan right(). Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh dibawah ini.

Contoh membuat gambar persegi dengan turtle
1.jpg

Hasil:
2.jpg

Fungsi left() dan right() berfungsi untuk mengubah arah panah sejauh n derajat. Pada contoh di atas d.forward(100) menggerakkan tanda panah sejauh 100 pixel ke depan, kemudian fungsi left(90) mengubah arah panah sejauh 90 derajat dan begitu seterusnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s