Menulis Program dalam File

Pada bagian ini akan dibahas bagaimana bekerjs dengan teks/bagaimana menulis progam di editor teks, kemudian mengkompilasi file tersebut sehingga dapat dijalankan. Banyak keuntungan yang diperoleh dengan menuliskan program yang panang dalam sebuah file terutama saat menuliskan progam yang panjang dan kompleks. Pengkoreksian program dapat dilakukan kapan saja tanpa harys menulis ulang semua sintaks, seperti pada saat menulis program pada interpreter Python. Adapun ekstensi file yang digunakan untuk menyimpan program yang dibuat dengan bahasa Python adalah .py(dot py).

Berikut adalah contoh program menghitung luas dan keliling lingkaran yang disimpan dengan nama lingkaran.py.

Contoh menulis program dalam file lingkaran.py

11.jpg

Contoh di atas merupakan program untuk mencari luas dan keliling ligkaran yang tersimpan di dalam file lingkaran.py. Untuk menjalankan program tersebut, maka program tersebut harus dikompilasi melalui command promt. Langkah yang harus dilakukan adalah membuka command prompt atau CMD pada Windows, kemudian masuk ke direktori tempat file lingkaran.py tersimpan. Lakukan kompilasi untuk menjalankan program dengan perintah “python ” (tanpa tanda kutip).

Tampilan di bawah ini adalah hasil kompilasi dan eksekusi program lingkaran.py di atas.10.jpg

Selain dengan menggunakan editor teks, Anda juga dapat langsung menulis program yang dibuat menggunakan fasilitas yang disediakan oleh IDLE (Integrated Development Environment).

12

Untuk menulis program pada teks editor yang disediakan IDLE dapat dilakukan dengan memilih menu file, kemudian pilih new file. Setelah itu akan muncul editor teks dan Anda bisa mulai menuliskan program yang ingin dibuat. Beikut adalah contoh yang akan memperlihatkan bagaimana membuat program menggunakan editor teks yang terdapat pada IDLE Python.

13.jpg
Gambar penulisan program pada editor teks IDLE

Dengan kasus yang sama seperti contoh sebelumnya dimana program yang disimpan dengan nama lingakaran.py. Untuk menjalankan/mengkompilasi program tersebut dapat dilakukan dengan memilih menu Run, kemudian pilih run module. Atau juga dapat dilakukan dengan menekena tombol F5 pada keyboard.

14.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s