Mendapatkan Masukan dari Keyboard

Masukan dari Keyboard

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah mempelajari bagaimana memberikan nilai kepada variabel secara langsung. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan masukan dari keyboard. Seperti halnya bahasa-bahasa pemograman lainnya, Python juga menyediakan fungsi yang menangani masukan dari keyboard. Python versi 2.x dan Python versi 3.x memiliki fungsi yang berbeda untuk menangani masukan dari keyboard. Fungsi-fungsi tersebut adalah raw_input() untuk Python versi 2.x dan input() untuk Python versi 3.x. Kedua fungsi tersebut merupakan fungsi built-in yang disediakan Python untuk menangani masukan dari keyboard.

Untuk lebih jelasnya, contoh berikut akan memperlihatkan cara mendapatkan masukan data dari keyboard pada Python 2.x dan 3.x.

Contoh fungsi input() pada Python 3.x
1.jpg
Pada contoh di atas dengan fungsi input() yang terdapat pada Python 3.x, program akan meminta user untuk mengisi masukan dari keyboard. Kemudian langsung menampilkan masukan yang diberikan.

Contoh fungsi raw_input() pada Python 2.x
2.jpg

Kita coba menengok contoh lain dari penggunaan fungsi-fungsi tersebut, dimana kita akan menyimpan masukan dari keyboard ke dalam suatu variabel.

Contoh Menyimpan masukan ke dalam variable
3
Pada contoh di atas dapat dilihat bagaimana cara menyimpan masukan dari keyboard ke dalam suatu variabel. Baris program data1(input(“String 1: “)  merupakan perintah untuk menyimpan masukan kedalam variabel data1. Begitu pula halnya dengan perintah yang tersimpan di dalam variabel data2. Kemudian dilakukan operasi penjumlahan terhadap string yang tersimpan di dalam variabel data1 dan data2.

Contoh lain untuk menyimpan masukan ke dalam variabel
5

Hal yang harus di ingat dan diperhatikan dari fungsu input() dan raw_input() yaitu bahwasanya kedua fungsi ini hanya menangani masukan berupa string. Jadi, ketika Anda memasukan angka, maka angka tersebut adalah suatu string , bukan data numerik. Sehingga Anda tidak dapat melakukan operasi matematis terhadap masukan tersebut.

Contoh kesalahan persepsi pada fungsi input()
4.jpg
Pada contoh di atas dapat dilihat bahwa ketika melakukan operasi perkalian pada keuda masukan yang berada pada variabel data1 dan data2 maka akan muncul pesan errorcan’t multiply sequence by non-int of type ‘str’ ” yang menandakan bahwa Anda tidak bisa melakukan operasi perkalian pada masukan string (non-integer).

 

Perubahan tipe (type castsebagai solusi

Agar bisa melakukan operasi matematis terhadap masukan yang di ambil menggunakan fungsi input() ataupun raw_input(), maka hal yang harus dilakukan adalah merubah tipe (type cast) dari string ke tipe data numerik (string ke int, ataupun string ke float).

Mari kita lihat solusi untuk kasus di atas dengan menerapkan perubahan (type cast) pada contoh berikut ini:

Contoh perubahan tipe pada masukan dari keyboard
6.jpg

Contoh kedua yang melakukan operasi perkalian int dengan float menggunakan fungsi input()
7.jpg
Dari contoh di atas terlihat bahwa dengan melakukan perubahan tipe (type cast) dari string ke integer pada variabel data1 dan data2 maka operasi perkalian dapat dilakukan. Untuk operasi matematis lainnya Anda dapat mencoba sendiri dan mengeksplorasi lebih jauh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s