Tipe Data Numeric Python

Python mendukung 3 tipe data numerik dasar yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan operasi matematis. Berikut adalah tipe-tipe data tersebut:

  • Bilangan bulat (Integer)
    • int
    • long
  • Bilangan pecahan (Float)
  • Bilangan kompleks (Complex Number)

Konsep pemograman generik yang terdapat di dalam Python membuat Anda tidak perlu mendefenisikan tipe-tipe tersebut pada saat akan digunakan. Hal ini sangat berbeda jauh dengan bahasa pemograman JAVA maupun C++.

Misal:

Ketika Anda menuliskan 20 pada Python, maka kompiler akan langsung mengetahui bahwa data tersebut merupakan data dengan tipe integer. Begitu pula pada saat menulis angka 20.00 maka kompliler akan langsung mengetahui bahwa data tersebut merupakan data yang bertipe float.

Integer

Integer merupakan tipe data yang digunakan untuk menangani bilangan bulat. Tipe data integer pada Python meliputi int dan long.

Untuk melihat rentang nilai integer, Anda dapat mengimpor modul sys. Kemudian mengakses atribut maxsize dari modul tersebut untuk melihat batas maksimal dari suatu bilangan integer.
2017-01-27_20-39-29

Contoh berikut ini memperlihatkan pengunaan bilangan integer pada Python.
2

Penulisan bilangan integer dapat dilakukan dalam bentuk desimal (basis 10) yang merupakan format default ataupun dalam bentuk oktal (basis 8) dan heksadesimal (basis 16). Penulisan menggunakan format oktal ditandai dengan awalan 0, sedangkan format heksadesimal ditandai dengan awal 0x.

Berikut contoh penulisan bilangan integer dalam format desimal, oktal dan heksadesimal
1

Contoh diatas memperlihatkan bagaimana mengekspresikan angka 300 dalam bentuk oktal dan heksadesimal. Python versi 2.x mendukung penulisan bilangan integer dalam format desimal, oktal dan heksadesimal. Sedangkan Python versi 3.x hanya mendukung penulisan format desimal dan heksedesimal.

Penulisan integer dalam format oktal pada Python 3.4.3
1
pesan error diatas menandakan perintah tersebut tidak dikenali.

 

Float

Konsep pemograman generik yang melekat pada Python benar-benar mempermudah programmer, sehingga tidak perlu menuliskan tipe data (float) pada program yang dibuat. Karena saat mengetikkan suatu angka yang mengandung unsur titik, maka kompiler akan langsung mengenalinya sebagai tipe floating point.

Misal:
Ketika menuliskan angka 400 maka kompiler akan langsung mengetahui bahwa itu adalah integer. Sedangkan apabila Anda menuliskan 400.0 maka kompiler akan mengetahui itu adalah bilangan floating point atau pecahan.

Contoh berikut ini akan memperlihatkan bagaimana Python menangani data pecahan.

2

 

Bilangan Kompleks

Python juga mengediakan tipe data numeric yang menangani bilangan kompleks (bilangan imajiner), sehingga Anda bisa melakukan operasi-operasi matematis yang melibatkan bilangan kompleks.

Penulisan bilangan kompleks pada Python

3

Contoh diatas memperlihatkan bagaimana Python menangani bilangan kompleks. Python juga mempunyai fungsi untuk menentukan bagian riil dan imajiner dari suatu bilangan kompleks. Hal tersebut dapat dilihat pada contoh berikut.

Fungsi real dan imag pada bilangan kompleks.

4

Dari contoh diatas dapat dilihat bahwa fungsi x.real dan x.imag merupakan fungsi untuk melihat bagian riil dan imajiner dari bilangan kompleks yang tersimpan didalam variabel x.

Mind Map Tipe Data Numeric Python

5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s